Wednesday, March 21, 2012

INDONESIA POTENSI MENJADI PUSAT PERADABAN ISLAM DUNIA

1309346336156827540
Indonesia berpotensi besar menjadi pemimpin peradaban islam modern, dibanding negara Islam yang ada di dunia, demikian dikemukakan Cendekiawan Muslim KH Masdar Farid Mas’udi saat menyampaikan kuliah umum di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Bengkulu, Rabu 29 Juni 2011.
Menurut Masdur, bahwa hal tersebut diperkuat beberapa fakta yang dimiliki Indonesia. Pertama, Indonesia adalah negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia. Kedua, Indonesia memiliki kekayaan alam beraneka ragam dalam volume besar. Ketiga, Indonesia berada pada posisi strategis dua per tiga 3 perlintasan kapal dagang dan militer danm keempat, Islam Indonesia adalah Islam abad 21 atau Islam yang plural. Dan yang terpenting adalah Indonesia Islamnya yang modern dan paling mengerti peradaban dunia.
Tokoh NU tersebut menambahkan, membuka peta peradaban dunia yang dibagi ke dalam empat peradaban atau dikenal dengan istilah “satu kaki meja yang patah”. Pertama, peradaban Yudeo Christianisme, terdiri atas negara Amerika, Prancis, dan Inggris. Kedua, peradaban Budishme dengan negara China. Ketiga, peradaban Hinduism dengan negara India, dan keempat adalah Islam yang sampai saat ini tidak memiliki negara yang memimpin peradaban ini.
Hingga saat ini Islam belum memiliki negara inti dari gugusan negara-negara Islam yang berjumlah lebih kurang 51 negara. Arab Saudi, ternyata tidak mampu menjadi pemimpin peradaban Islam dikarenakan negara ini terlalu kecil dengan jumlah penduduk yang cuma 4 juta jiwa. Selain itu Arab saudi memiliki catatan buruk dengan beberapa negara Islam lain. Kemudian Turki, dinilai tidak bisa menempatkan diri dengan baik dalam percaturan peradaban Islam pada negara-negara Timur karena enggan bergaul, sedangkan di negara Barat ia cenderung masih dipandang sebelah mata, dan peradaban Turki juga masih tunduk pada peradaban Eropa. Lalu Mesir, tidak jauh berbeda dengan Turki. Negara ini dinilai lemah secara sumber daya dan selalu diintervensi secara militer oleh Barat.
Beberapa pengamat dunia, percaya Indonesia memiliki potensi untuk memimpin peradaban Islam. Kita punya potensi untuk menjadi The Leader of Muslim World`. Dan salah satu cara agar Indonesia bisa menjadi pusat peradaban Islam adalah dengan menghentikan radikalisme.
sumber

No comments:

Translate